Politik

Bacalon Inhu Terbanyak, Empat Petahana Kembali Maju | Riau Terdepan


TERDEPAN.id, PEKANBARU – Empat petahana dipastikan bakal maju kembali pada helat pemilihan kepala daerah tahun 2020. Empat kepala daerah tersebut adalah Bupati Rohil Suyatno, Bupati Kuantan Singingi Mursini, Bupati Rohul Sukiman, Bupati Siak Alfedri.

Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak di sembilan Kabupaten/Kota di Riau sudah memasuki tahapan inti. Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati/walikota dan wakil walikota telah dibuka Jumat (4/9) dan berakhir (6/9) pukul 24.00 WIB.

Proses pendaftaran secara umum berjalan secara lancar, meskipun apa yang menjadi imbauan KPU dan pihak Kepolisian untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tidak membawa massa yang berlebihan tidak dihiraukan oleh beberapa tim pemenangan para bakal calon yang tetap berbondong bondong hadir ke KPU masing masing daerah.

Pada Pilkada kali ini, masih terdapat empat orang bakal calon yang merupakan petahana yakni Bupati Rohil Suyatno, Bupati Kuantan Singingi Mursini, Bupati Rohul Sukiman dan Bupati Siak Alfedri.

Selain petahana juga beberapa calon yang maju memiliki hubungan dengan pemimpin sebelumnya. Mereka yakni Andi Putra dari Kuansing yang merupakan putra dari mantan Bupati Kuansing, Sukarmis.

Di Pelalawan ada Adi Sukemi yang merupakan putra dari Bupati Pelalawan aktif, HM Harris.

Di Bengkalis ada Kasmarni yang merupakan istri bupati Bengkalis non Aktif, Amril Mukminin dan di Indragiri Hulu ada Rezita Meilani yang merupakan istri dari Bupati Inhu yang masih Aktif, Yopi Arianto.

Selain itu juga pertarungan diisi oleh para wakil bupati aktif, masing masing ada Halim Wakil Bupati Kuansing. Said Hasyim wakil Bupati Kepulauan Meranti dan satu wakil walikota yakni di Dumai ada Eko Suharjo.

Yang menarik, dari pasanban bakal calon yang mendaftar, tidak ada satupun pasangan hasil koalisi antara Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Partai Golkar.

Baca Juga: https://riau.haluan.co/2020/09/07/ini-daftar-lengkap-34-pasangan-calon-kepala-daerah-yang-bertarung-di-9-pilkada-riau/

Inhu Bacalon Terbanyak

Sementara itu, Indragiri Hulu mencatatkan daerah dengan bakal calon terbanyak yang mendaftar saat pendaftaran bakal calon digelar.

KPU Indragiri Hulu telah selesai menerima seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati pada Sabtu (5/9). Ada lima pasangan calon (paslon) yang mendaftar dan terdapat satu satunya calon dari perseorangan di provinsi Riau.

Lima calon tersebut masing masing Irjen Pol (pur) Wahyu Adi – Supriati yang diusung PDI Perjuangan, Demokrat, PAN dan Perindo.

Siti Aisakyah SH – Agusrianto yang diusung Gerindra, Berkarya, PPP dan PKPI. Selanjutnya dari jalur perseorangan yakni dr Nurhadi SPOG – Kapten (purn) Toni Sutianto.Rezita Meilani – Junaidi Rahmat yang diusung Golkar, Nasdem dan Hanura. Terakhir Rizal Zamzami – Yoghi Susilo diusung PKS dan PKB.

Lima calon ini merupakan paslon terbanyak dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini di provinsi Riau. Wahyu Adi – Supriati merupakan balon pertama yang mendaftar dan ditutup oleh pasangan Rizal Zamzami – Yoghi Susilo.

Siak

Untuk Kabupaten Siak, tiga pasangan calon sudah mendaftar ke KPU Siak yakni pasangan pertahana Alfedri – Husni (incumbent) yang diusung oleh lima partai yakni PAN, Nasdem, PKB, PPP dan Hanura.
Selanjutnya pasangan calon yang diusung Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra yakni Said Arif Fadillah – Sujarwo.

Terakhir ada pasangan yang diusung partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni Sayed Abu Bakar Assegaf – Hj Reni Nurita.

Pilkada di Kuantang SIngingi diprediski akan menjadi Pilkada yang paling sengit pertarungannya, mengingat para calon yang maju merupakan lawan lawan di Pilkada yang sudah bertarung sebelumnya dan bayang-bayang petahana sangat kental pada calon yang ada.

Di Kuansing ini Bupati dan Wakil Bupati (Mursini-Halim), dipastikan bakal berpisah pada Pilkada 2020. Bubarnya kongsi Mursini-Halim menyeruak sejak 2018. Saat itu Halim mengumbar hubungan yang tidak harmonis dengan Bupati Kuansing, Mursini. Pada pilkada 2020 Halim disebut-sebut bakal berduet dengan Konferensi, bekas seterunya pada pilkada Kuansing 2015.

Pasangan bakal calon petahana Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Mursini dan Indra Putra menjadi pendaftar hari terakhir mendatangi KPU, Ahad (06/09).

Mursini sebagai calon bupati petahana, menjabat Bupati Kuansing periode 2016-2021. Ia berpasangan dengan calon wakil bupati Indra Putra, diusung partai PPP, Nasdem dan PKB.

Sebelumnya, hari pertama pendaftaran Jumat Tanggal 4 September 2020, dua pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing telah lebih dahulu melakukan pendaftaran.

Di hari pertama itu, Jumat pagi, pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby menjadi pendaftar pertama. Selanjutmya, disusul oleh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Halim-Komperensi yang juga melakukan pendaftaran pada sore harinya.

Adapun, bakal calon bupati Andi Putra yang merupakan Ketua DPD Golkar Kuansing, berpasangan dengan mantan anggota DPRD Riau Suhardiman Amby dan juga Ketua DPD Hanura Kuansing. Mereka diusung oleh partai, Golkar, Hanura dan PKS.

Sementara Halim yang merupakan Wakil Bupati Kuansing 2016-2021 ini, berpasangan dengan Ketua DPC PAN Kuansing Komperensi sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Di Pilkada 2020 ini, mereka diusung oleh partai politik, yaitu PDIP, PAN, Gerindra dan Demokrat.

Pelalawan

Hari pertama pendaftaran, dua bapaslon telah resmi mendatangi KPU Pelalawan mendaftarkan diri maju dalam kontestasi pesta demokrasi di Negeri Amanah. Pasangan H Zukri Misran-H Nasaruddin SH yang pertama mendaftar, Jumat (4/9).

Zukri-Nasar tiba di kantor KPU Pelalawan pada pukul 13.30 WIB, sesuai surat yang disampaikan sebelumnya kepada KPU Pelalawan. Pasangan ini datang mendaftar dengan membawa puluhan massa pendukung didampingi pengurus partai pengusung yakni PDI Perjuangan, PPP dan PKB.

Selanjutnya usai Zukri – Nasar, pasangan Abu Mansyur Matridi-Habibi (Ridi-Habibi) mendaftar ke KPU Pelalawan. Pendaftaran paslon ini, didampingi dan diantar langsung oleh Wakil Sekjen DPP PAN Irvan Herman dan Bendahara DPP PAN H Tengku Rizki Aljupri BBA MBA. Serta puluhan pendukung dan juga pimpinan partai pengusung yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Keadilan Sejahterakan (PKS). Serta partai non parlemen yakni Perindo, Berkarya, dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang menamakan diri sebagai koalisi Harapan Sejahtera.

Kemudian Pasangan bakal calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang diusung Partai Golkar Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi – M Rais berangkat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan. Kedatangan mereka untuk mendaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pulkada) Tahun 2020.

Pasangan tersebut diantar oleh seribuan pendukung yang mengenakan pakaian adat daerah dan juga atribut partai Golkar serta Pakaian baju yang bertuliskan Bro AS Sahabat Adi Sukemi – M Rais.

Ada juga Bakal Calon (Balon) bupati dan wakil bupati Husni Thamrin-Tengku Edy Sabli resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Sabtu (5/9/2020). Pasangan ini merupakan pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU Pelalawan dengan diusung oleh Demokrat dan Gerindra dan partai non parlemen Nasdem.

Bengkalis

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis, Jumat (4/9/2020). KBS merupakan pasangan pertama yang mendaftar.
Koalisi pengusung pasangan KBS ini, PAN, Nasdem, PBB, Gerindra dan Demokrat.

Selanjutnya bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Abi Bahrun-Herman (Aman) yang diusung oleh PKS dan PPP.

Selain itu juga dua pasangan lain yakni Indra Gunawan Eet-Samda (Esa) yang diusung Golkar dan Perindo. Pasangan lainnya adalah Kaderismanto-Iyet Bustami (KDI) yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Rokan Hulu

Pasangan Pertahana Sukiman – Indra Gunawan menjadi pasangan yang mendaftar pertama ke KPU Rokan Hulu dan pasangan yang membawa jargon “Skawan” ini hadir dengan pengusung paling gemuk dari semua pasangan calon yang ada pada 9 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada di Riau.

Pasangan ini hadir setelah diusung melalui Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Demokrat, PKS, Hanura, Nasdem, Partai Gelora Indonesia dan PBB dengan jumlah kursi yang diperoleh yakni 27 kursi dari 45 anggota DPRD Rohul saat ini. Merekla mendaftar pada Jumat (4/9).

“Alhamdulilah, pasangan calon H SukimanH Indra Gunawan dinyatakan diterima sebagai bapaslon Bupati dan Wabup Rohul yang pertama mendaftar hari ini (Jumat, red). Lamanya proses pendaftaran, karena banyaknya dokumen-dokumen yang harus dicek oleh tim penerima Berkas dari KPU Rohul bersama LO dan diawasi oleh Bawaslu Rohul, dengan persyaratan yang diserahkan telah diterima dan cukup,” tutur Ketua Tim Pemenangan Rokan Hulu Maju, Kelmi Amri SH.

Lalu pada hari kedua pendaftaran, Sabtu (5/6/2020), pasangan Hafit Syukri Erizal yang diusung PKB dan PAN dengan 9 kursi akan mendaftar ke Kantor KPU Rohul. Pasangan ini akan didaftarkan langsung perwakilan DPP PAN yang mendapat mandat dari Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jendral DPP PAN Edi Suparno sesuai pernyataan dari DPW PAN Riau.

Sedangkan pasangan ketiga Hamulian Sahril Topan (Hartop) merencanakan akan daftar ke KPU Minggu (6/9/2020). Pendaftaran Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PPP ini direncanakan juga bakal dihadiri Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution.

Kepulauan Meranti

Demokrat, PAN dan Nasdem resmi mengusung pasangan Hery dan Khozin dengan total 9 kursi. Pasangan merupakan bapaslon pertama secara resmi melakukan pendaftaran di KPU Kepulauan Meranti. Mereka mendatangi KPU Kepulauan Meranti, Jumat (4/9/20) sekira pukul 9.45 WIB yang dikuti oleh ketua parpol pengusung. Fauzi Hasan (PAN), Rony Samudra (Nasdem) dan Demokrat Muzamil.

Pasangan berikutnya adalah H Aidil dan Asmar yang didukung PKB dan PDI Perjuangan. Juga pasangan yang diusung PP dan Gerindra, Mahmuzin Taher dan Nuriman yang juga resmi mendaftar ke KPU Kepulauan Meranti.

Selanjutnya ada pasangan Said Hasyim Abdul Rauf yang menjadi pendaftar keempat yang mendaftar ke KPU Kepulauan Meranti. Pasangan petahana ini diusung oleh Koalisi bersinar Golkar dan PKS.

Dumai

Pada hari pertama pendaftaran, dua bapaslon mendaftar secara resmi di KPU Dumai, Jumat (4/9) kemarin. Mereka adalah pasangan Paisal-Amris (PAS) dan pasangan Edi Sepen-Zainal Abidin (EZA). PAS yang diusung Nasdem, PPP dan dukungan Gelora serta berkarya datang pada pagi Jumat.

Berkas pendaftaran mereka dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.Begitu juga pasangan EZA yang diusung PKS dan PAN juga dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

“Benar, ada dua pasangan bakal calon Wali Kota Dumai dan Wakil Wali Kota Dumai yang mendaftar pada hari pertama ini, dua pasangan tersebut yakni pasangan Paisal-Amris dan Edi Sepen-Zainal,” ujar Komisioner KPU Dumai, Edi Indra.

Hari terakhir, Minggu (6/9) malam, pasangan Wakil walikota aktif Kota Dumai Eko Suharjo – Syarifsah mendaftar ke KPU Dumai dengan diusung oleh partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Rokan Hilir

Untuk Negeri Seribu Kubah, Rokan Hilir ada empat Bakal Calon Bupati yang telah mendaftarkan diri ke KPU Rokan Hilir.

Mereka masing masing Suyatno – Jamiluddin dengan dukungan dari PDI Perjuangan dan Partai Amanat Nasional (PAN). Suyatno, bakal calon (balon) Bupati Rokan Hilir (Rohil) di Riau, mendaftar ke KPUD lewat virtual. Sebab, calon petahana tersebut terkonfirmasi positif COVID-19.

Untuk pendaftaran, Supriyanto menjelaskan Suyatno melakukan konfirmasi secara virtual. Metode itu sudah sesuai aturan.

Selanjutnya, pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong – H Sulaiman SS MH (AMAN) telah mendapat dukungan tiga partai politik pada Pilkada serentak tahun 2020.

Dukungan tiga partai politik tersebut dibuktikan dengan diterimanya SK model B1-KWK dari ketiga partai oleh Afrizal Sintong.

Ketiga partai politik tersebut yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem serta Partai Berkarya.
Kemudian ada nama Cutra Andika – Muhamad Rafik yang juga telah mendaftar ke KPU Rohil dengan diusung hanya dua partai, Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara pasangan yang terakhir mendaftar, Minggu (6/9) sore yakni ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar – Ahmad Fuad yang diusung oleh partai Golkar, Demokrat, Gerindra dan Berkarya.

 

 

Tim Haluan Riau/ TERDEPAN.id





Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

portal berita yang lahir dari semangat pentingnya ketersebaran informasi hingga ke pelosok nusantara.

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID

Ke Atas