Pekanbaru

Amankan Pilkada Serentak di Riau, 5.142 Personel Polri dan TNI Dikerahkan | Riau Terdepan


TERDEPAN.id, PEKANBARU – Ada 9 daerah di Provinsi Riau yang menggelar pemilihan kepada daerah serentak pada Desember 2020 mendatang. Untuk mengamankan pesta demokrasi itu, telah disiagakan 5.142 personel gabungan Polri dan TNI.

Adapun 9 daerah yang akan mengikuti helat rutin 5 tahunan itu adalah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Indragiri Hulu (Inhu), Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Rokan Hilir (Rohil), dan Rokan Hulu (Rohul), serta Kota Dumai. Masa pendaftaran calon telah berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 kemarin.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tahapan pilkada, ribuan personel Polri dilibatkan. Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Senin (7/9).

“Total ada sekitar 4.732 orang personel Polri yang dilibatkan untuk pengamanan (tahapan pilkada). Ini sudah termasuk jajaran Polres,” ujar Kombes Pol Sunarto, Senin (7/9).

Ribuan personel yang tergabung dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2020 itu akan melakukan pengamanan seluruh rangkaian pilkada.

Tak hanya Polri, kata perwira menengah Polri yang akrab disapa Narto, jajaran TNI juga dilibatkan guna kelancaran pelaksanaan pilkada di Bumi Lancang Kuning. Kata dia, sedikitnya 410 personel TNI dikerahkan.

Seluruh persiapan pengamanan juga sudah dilaksanakan sejak jauh hari. Seperti melaksanakan latihan, simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota), serta rapat koordinasi antar stake holder. Ini dilakukan guna memastikan kesiapsiagaan seluruh petugas dalam menghadapi tahapan demi tahapan pesta demokrasi ini.

Terkait pengamanan dipaparkannya, Polda Riau telah melakukan pemetaan wilayah. Ini dalam rangka deteksi dini dan antisipasi potensi gangguan.

Dalam melaksanakan pengamanan, diterangkannya, pihak kepilisian turut berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait lainnya. Seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan sebagainya.

“Sejauh ini, situasi keamanan dan ketertiban, masih terbilang kondusif,” kata Narto.

Dalam kesempatan itu, Narto mengimbau kepada seluruh kontestan dan tim sukses, serta seluruh masyarakat Riau, untuk bisa ikut menyukseskan gelaran pilkada serentak itu.

“Kita mengimbau agat masyarakat Riau ikut menjaga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat,red) demi terciptanya iklim pilkada yang sejuk,” imbau mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

Apalagi, kata dia, pandemi Covid-19 belum berakhir. Selain menjaga kamtibmas, jajaran Polda Riau pun berupaya menjaga masyarakat agar tak terpapar Covid-19.

“Kita mengimbau supaya penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkas Kombes Pol Sunarto.

 

 

Penulis: Dodi Ferdian





Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

portal berita yang lahir dari semangat pentingnya ketersebaran informasi hingga ke pelosok nusantara.

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID

Ke Atas