Pekanbaru

27 Pemain Lolos Seleksi Timnas U16 Asprov PSSI Riau – Haluan Riau | Riau Terdepan


TERDEPAN.id, PEKANBARU-Sebanyak 27 pemain sepakbola Usia 16 (U16), dari seluruh Provinsi Riau, berhasil lolos tahap pertama, Senin (8/3) di stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, pada seleksi tim nasional (Timnas) U16 dari Riau, yang akan mengikuti seleksi Timnas U16 dari PSSI pusat.

Selanjutnya 27 pemain-pemain berbakat dari Riau ini kembali akan menjalani tahap seleksi kedua, yang akan dilaksanakan, Selasa (9/3). Untuk diciutkan menjadi 22 pemain yang nantinya akan kembali menjalani latihan, persiapan menghadapi seleksi nasional selanjutnya dari PSSI pusat.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Riau, Husni Thamrin, usai menyaksikan langsung seleksi tahap pertama Timnas U16 asal Riau ini berharap, anak-anak Riau yang diseleksi oleh tim seleksi bisa masuk dalam Timnas Indonesia U16. Ia yakin melalui seleksi yang ketat ini melahirkan telenta-talenta muda yang dapat membawa nama haru Riau di Timnas.

“Ini baru pertama kali kita gelar, dan saya melihat anak-anak kita ini bagus-bagus dari seluruh Riau. Sesuai arahan dari PSSI pusat agar membuat seleksi bagi anak-anak usia 16 tahun, untuk selanjutnya dari hasil seleksi ini akan kembali dipantau oleh tim dari PSSI pusat,” ujar Husni Thamrin.

“Siapapun yang terpilih inilah yang terbaik, tunjukkan bahwa anak-anak Riau mampu masuk Timnas dan bersaing dengan daerah lainnya. Saat Riau bisa memberikan pemain Timnas,” tambahnya.

Dijelaskan Husni Thamrin, tim seleksi yang ditunjuk Asprov PSSI Riau ini merupakan pelatih-pelatih berpengalaman, kolaborasi pelatih-pelatih senior dan muda. Diantaranya, ketua tim seleksi Philip Hansen, bersama anggotanya, Yulnedi Tanjung, Raja Paisal, Nurmadi, Ojik dan pelatih kiper Febri.

“Mudah-mudahan dari tangan-tangan pelatih yang menyeleksi anak-anak Riau, ada yang masuk Timnas. Kedepan setelah terpilih anak-anak ini akan dipersiapkan untuk menghadapi Timnas dari PSSI pusat, yang telah disiapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua tim seleksi Timnas U16 Riau, Philip Hansen, mengatakan, hari pertama seleksi diikuti sebanyak 85 pemain hasil seleksi dari Asosiasi Kota/Kabupaten PSSI. Termasuk pemain yang dikirim dari club-club yang tergabung di PSSI Riau.

“Dari hasil seleksi tahap pertama kita mendapatkan ada 27 pemain. Mereka ini kami bagi dua sesi seleksi pagi dan sore. Dan besok finalnya, 27 pemain ini akan kita seleksi untuk mendapatkan 22 pemain yang akan dipersiapkan menjadi tim U16 Riau,” kata Philip.

“Jadi dari sekarang kita sudah memilih pemain yang akan seleksi tingkat nasional. Mudah-mudahan dari pengurus PSSI Riau, bisa mendatangkan Timnas U16 ke Riau, nantinya akan kita mainkan bersama tim yang telah kita pilih,” ungkapnya.

Dikatakan Philip, untuk pemilihan pemain-pemain terbaik dari Riau ini tidak ada istilah titipan-titipan, baik dari askot maupun club. Tim seleksi yang ditunjuk sudah sepakat mencari pemain terbaik dari yang terbaik.

“Inilah pemain terbaik yang kita terima dari daerah dan club, dan kita mencari yang terbaik. Kami secara bersama memilih pemain secara profesional sesuai dengan kemampun pemain, ada penilaian seluruh pemain,” kata mantan pelatih PSPS Riau ini.

Lebih jauh dikatakan Philip, setelah ditetapkannya 22 pemain ini ia berharap PSSi Riau, bisa langsung memberikan kesempatan kepada tim seleksi untuk memulai latihan kepada anak-anak yang terpilih. Untuk dipersiapkan dan mematangkan pemain-pemain yang terpilih.

“Kalau kita lihat pemain yang ada ini masih butuh latihan rutin. Paling tidak seminggu dua kali, agar nantinya saat mereka seleksi atau menghadapi timnas dari Jakarta bisa bersaing. Pelatihnua bisa dari tim seleksi yang ada saat ini, nanti kita bagi dua untuk tim U16 dan tim U19. Kalau U19 hari Sabtu nanti akan kita seleksi,” katanya.

 

 

Reporter: Nurnadi



Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

portal berita yang lahir dari semangat pentingnya ketersebaran informasi hingga ke pelosok nusantara.

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID

Ke Atas